-->

Cara Mencegah Terserang Penyakit saat Musim Hujan

Tips Mencegah Penyakit Saat Musim Hujan
Tips Mencegah Penyakit Saat Musim Hujan

Hallo Sobat Secangkir Tips. Musim hujan terkadang membuat banyak orang gampang terkena penyakit apalagi jika daya tahan tubuh tidak stabil. Tentunya, anda tak mau kan jika diserang penyakit jika hujan tiba. Bukankah mencegah penyakit lebih baik daripada anda harus mengobatinya bukan? 



Berikut Cara Mencegah Terserang Penyakit saat Musim Hujan


1. Perbanyak Mengkonsumsi Buah Yang Mengandung Vitamin C

Salah satu dari 10 cara mencegah penyakit saat musim hujan adalah mengkonsumsi vitamin C. Konon katanya menurut para ahli vitamin C dapat membuat tubuh kebal terhadap penyakit. Vitamin C bisa anda dapatkan dari buah buahan, seperti jeruk, tomat, dan masih banyak lagi. Buah yang mengandung vitamin C pastilah kaya akan antioksidan yang membantu mengusir penyakit dalam tubuh.

2. Menyiapkan Perlengkapan Hujan

Sedia payung sebelum hujan seperti kata peribahasa, mungkin bagi sebagian orang kalimat tersebut hanyalah peribahasa. Namun, saat musim hujan tiba, tak ada salahnya anda benar-benar menyiapkan payung agar anda tak dibuat basah kuyup. Perlengkapan hujan yang lain, misalnya mantel atau jas hujan yang bisa dipakai oleh anda yang mengendarai sepeda motor. safety first sobat :)

3. Basuhlah Badan Setelah Hujan Mengguyur 

Segera mandi, hal tersebut yang harus anda lakukan ketika tubuh anda basah karena guyuran air hujan. Jika anda membiarkan begitu saja badan, maka kuman-kuman penyebab penyakit akan mudah datang. Oleh karena itu, stabilkan suhu anda agar kuman yang terbawa oleh hujan tak akan menyebabkan anda sakit.

4. Memilih Tempat Berteduh Yang Aman

Hujan yang datang mendadak terkadang membuat orang tak bisa melakukan persiapan. Salah satu dari tips mencegah penyakit saat musim hujan adalah mencari tempat berteduh. Jangan sembarangan memilih tempat berteduh supaya tubuh aman dari guyuran hujan yang bisa membuat anda sakit. 

5. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara untuk mencegah penyakit saat hujan tiba adalah dengan memperbanyak minum air putih. Ya, mengkonsumsi air putih bisa membantu tubuh mengusir penyakit. Bukankah pada saat hujan banyak kuman atau bakteri yang berkeliaran. Oleh karena itu, usir kuman atau bakteri jahat yang dibawa hujan dengan cara mengkonsumsi air putih secara rutin.

6. Hindari Merokok

Banyak orang yang mengatakan merokok saat hujan adalah cara yang pas untuk mengusir dingin dari badan. Padahal, merokok saat hujan bisa menyebabkan badan mudah terkena penyakit. Orang yang merokok, daya tahan tubuhnya akan melemah. Jadi, saat penyakit datang pada saat musim hujan, tubuhnya tidak mampu mengusirnya. Jadi, hindari rokok, itulah salah satu dari 10 cara mencegah penyakit saat musim hujan.

7. Membersihkan Tangan

Jika anda tak mau terkena penyakit saat hujan tiba, misalnya penyakit flu dan batuk. Maka pencegahan penyakit paling sederhana adalah dengan cara mencuci tangan. Dengan mencuci tangan secara rutin, bakteri yang menempel pada tangan akan terbawa oleh air yang mengguyur tangan. Jadi, anda terbebas dari penyakit walaupun hujan datang mendera.

8. Mengkonsumsi Makanan Yang Hangat

Pencegahan penyakit saat hujan tiba bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi yang hangat-hangat. makanan yang hangat akan membuat badan hangat sehingga suhu tubuh tetap stabil walaupun hujan datang mengguyur menyebabkan anda kedinginan. Jadi, rutinlah konsumsi makanan yang hangat saat hujan agar tubuh anda terbebas dari penyakit.

9. Mengeluarkan Keringat

Penyakit yang paling umum yang disebabkan karena hujan adalah penyakit flu. Nah, jika anda tak ingin flu menyiksa anda, setelah anda merasakan gejala penyakit ini, segeralah mencari cara untuk mengeluarkan keringat. Dengan keluarnya keringan tubuh pastilah akan jauh lebih baik. Cara paling efektif untuk mengeluarkan keringat adalah olahraga.

10. Sugesti

Banyak orang yang percaya bahwa bila mereka terkena guyuran hujan, mereka pasti akan cepat terkena flu. Terkadang hal tersebut hanyalah sebuah sugesti yang muncul dari pikiran anda. Untuk itu, agar anda terhindar dari penyakit saat hujan, tak ada salahnya anda membuang jauh-jauh pikiran seperti itu agar tubuh tetap sehat walaupun badan terguyur hujan.

Nah sobat secangkirTips.
Itulah dia beberapa tips untuk mencegah penyakit di musim hujan.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat,
Terima kasih

Cara Cepat Membentuk Otot Badan Atas

Secangkir Tips - Setiap manusia pastinya ingin mempunyai bentuk tubuh yang Indah, baik pria dan wanita. Untuk pria mungkin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel