-->

Tips Agar Selalu Semangat Walaupun Musim Hujan

Tips Agar Selalu Semangat Walaupun Musim Hujan, htttp://www.secangkirtips.blogspot.com
Hallo Sobat Secangkir Tips. Saat musim hujan tiba, apalagi jika hujan yang tak kunjung henti mulai dari terbit hingga terbenam matahari, akan sangat banyak hal yang dapat kita rasakan. Musim hujan tak hanya akan membuat tubuh merasa kedinginan dan rentan terkena penyakit, tapi juga bisa mempengaruhi suasana hati. Ada sejumlah penelitian menunjukkan bahwa saat musim hujan identik dengan menurunnya suasana hati bahkan depresi ringan. Sebuah penelitian di Eropa juga mengungkapkan bahwa suasana hati yang positif jarang ditemui kala musim hujan dan musim dingin tiba dan rentan membuat orang mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD), yaitu depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun.

Seasonal Affective Disorder (SAD) pada umumnya terjadi di negara empat musim dan biasanya banyak dialami orang ketika musim gugur dan dingin. Namun tidak menutup kemungkinan gangguan ini juga terjadi di negara tropis seperti Indonesia, khususnya pada saat musim hujan tiba. Bila Anda merasakan gejala melemahnya energi dan dan suasana hati jadi negatif alias galau pada kondisi cuaca tertentu, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan ini. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi Seasonal Affective Disorder atau yang juga dikenal dengan sebutan winter blues ini?
Berikut adalah beberapa Tips Agar Selalu Semangat Walaupun Musim Hujan:


1. Carilah Cahaya
Mencari Cahaya Matahari



Berdasarkan data dari Seasonal Affective Disorder Association, lima dari sepuluh orang di Inggris mengalami winter blues. Saat hujan, langit cenderung mendung sehingga kurang cahaya matahari. Kondisi ini bisa memengaruhi sistem sirkadian pada tubuh manusia sehingga menyebabkan tubuh lesu, gelisah dan ingin banyak makan. Untuk mengatasi mood yang gloomy di cuaca mendung, ketika bangun di pagi hari bukalah tirai jendela dan nikmati terpaan sinar matahari, bukan meneruskan tidur dan mendekap selimut. Anda juga bisa berjalan-jalan sejenak di luar rumah selama 10 atau 15 menit. Sinar matahari akan menstimulasi tubuh agar lebih segar dan bersemangat.

2. Dengarkan Musik Melankolis
mendengarkan musik, Tips Mengatasi Galau, Secangkir Tips


Kedengarannya memang kontradiktif, bagaimana musik berirama sedih bisa membangkitkan mood ceria? Namun hal itu telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang menemukan bahwa mendengarkan lagu-lagu sedih merupakan cara yang tepat agar suasana hati lebih ceria. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa lagu dan musik bertema sedih membantu mengatasi mood dan rasa kesepian karena membuat kita lebih bisa meluapkan emosi. Menurut ilmuwan dari Tokyo University, musik bertema sedih juga membuat kita merasa lebih tenang.

3. Berdiri dengan Kepala di Bawah (HeadStand)
Gerakan menahan kepala dibawah (Headstand) yang juga terdapat dalam latihan yoga ini biasa disebut dengan Inversion, yaitu berada dalam posisi berdiri dengan kepala di bawah. Saat dalam posisi ini, darah akan mengalir ke otak sehingga meningkatkan energi dan konsentrasi. Gerakan ini juga mengurangi jumlah kortisol, hormon pemicu stres sehingga perasaan depresi dan gelisah Anda akan mereda sementara dan efeknya pun bisa jangka panjang. Jika Anda bukan atlet akrobat atau tidak terbiasa melakukan gerakan ini, bisa melatihnya dengan menyender pada dinding.

4. Perbanyak Berdiri
Berdiri tegak,Tips Mengatasi Galau, Secangkir Tips


Sebuah studi menemukan bahwa terlalu banyak duduk dalam waktu lama sama berbahayanya dengan merokok. Duduk sepanjang waktu, akan meningkatkan risiko diabetes, sakit jantung, obesitas, kematian dini, sakit punggung hingga depresi. Agar mood meningkat, perbanyaklah berdiri ketika di kantor atau rumah. Ambil sendiri air putih Anda ke pantry ketimbang meminta bantuan office boy. Berjalanlah menuju tempat makan siang, bukan dengan memesan kepada office boy atau naik mobil jika jaraknya tidak terlalu jauh.

5. Makan Chocolate
Makan Coklat, Chocolate Eating, Secangkir Tips


Cokelat tanpa tambahan rasa, gula dan susu akan membuat perasaan Anda lebih baik dengan seketika. Pilihlah chocolate dengan kandungan cokelat 60 hingga 70 persen, lebih baik lagi yang jenisnya raw chocolate. Artinya, biji cokelat tidak melalui proses roasting dan tidak mengandung gula maupun perasa tambahan. chocolate ini kaya akan antioksidan, magnesium, zat besi, zinc dan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. chocolate juga kaya akan tryptophan, zat peningkat mood positif yang menimbulkan efek yang sama seperti ketika sedang jatuh cinta.

Naah, Itulah beberapa hal mengenai Tips Mengatasi Galau Saat Musim Hujan, saat hujan tiba bila anda merasa hati galau gundah gulana, maka Anda juga bisa mencoba beberapa tips diatas.

Sekian, semoga bermanfaat
Terima kasih

Cara Cepat Membentuk Otot Badan Atas

Secangkir Tips - Setiap manusia pastinya ingin mempunyai bentuk tubuh yang Indah, baik pria dan wanita. Untuk pria mungkin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel