-->

Cara Alami Mengobati Mata Bintitan Dan Cara Pencegahan Mata Bintitan

Cara Alami Mengobati Mata Bintitan Dan Cara Pencegahan Mata Bintitan

Mata bintitan adalah kondisi bengkak diarea kelopak mata seperti bisul atau jerawat. Dalam istilah medis disebut juga dengan Hordeolum. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi atau peradangan di area kelopak mata bagian atas maupun bawah karena bakteri. Dalam banyak kasus kuman yang menyerang bagian mata ini adalah Stafilokokus (Staphylococcus aureus).

Gejala Awal Terkena Mata Bintitan

Sebelum mata terserang bintitan, tentunya ada beberapa gejala yang ditimbulkan, yaitu :
1. Mata sering mengeluarkan air
2. Mata terasa seperti kelilipan seperti ada sesuatu dikelopak mata
3. Kelopak mata membengkak dan terasa nyeri
4. Munculnya bintik kuning kecil seperti jerawat menjadi tempat munculnya bintitan 

Mengapa Bisa Terkena Mata Bintitan?

Pada area mata terdapa kelenjar yang bisa tersumpat oleh kotoran dan sel kulit mati. Apabila kelenjar minyak tersebut mulai tersumbat, maka akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Hal ini sering terjadi jika sering mengucek mata dalam keadaan tangan kotor. Namun juga banyak penyebab lainnya yang bisa menyebabkan bintitan, diantaranya :
1. Menggunakan kosmetik yang tidak bagus (kadaluarsa)
2. Tidak membersihkan kosmetik ketika hendak tidur
3. Pemakaian lensa kontak yang tidak steril
4. Terkena debu dijalanan

Cara Alami Mengobati Mata Bintitan

1. Menggunakan Teh Celup


Cara alami yang pertama untuk mengobati mata bintitan adalah dengan mengompres mata dengan menggunakan kantong teh celup. Ini karena didalam teh mengandung antibakteri yang dapat meredakan infeksi. Caranya cukup celupkan kantong teh kedalam air hangat, kemudian kompreskan pada bagian mata yang terinfeksi lebih kurang selama 10 menit, ulangi cara ini beberapa kali sehari agar infeksi cepat berkurang.

2. Menggunakan Irisan Mentimun


Cara alami yag kedua yaitu menggunakan irisan mentimun. Mentimun memiliki kandungan ati inflamasi dan anti iritasi. Caranya cukup mengiriskan mentimun, kemudian pejamkan mata dan tempelkan dibagian mata yang terinfeksi selama lebih kurang 15 menit. Jika mentimun mulai mengering, gantilah dengan yang baru.

3. Menggunakan Lidah Buaya


Lidah buaya merupakan tumbuhan yang kaya akan kandungan mineral, vitamin, enzim, dan masih banyak kandungan lainnya yang sangat berguna untuk pereda nyeri dan antibakteri. Cara menggunakannya yaitu, siapkan sepotong lidah buaya dan cotton bud. Kupas bagian kulitnya karena kita hanya membutuhkan bagian getah dalamnya., kemudian ambil getah tersebut menggunakan cotton bud dan oleskan pada bagian kelopak mata yang terinfeksi. oleskan beberapa kali sehari agar infeksi berkurang.


4. Menggunakan Air Garam


Air garam adalah anti septik alami, didalamnya mengandung magnesium yang sangat berguna untuk membunuh bakteri dan mengurangi rasa nyeri pada mata bintitan. Caranya  penggunaannyapun sangat mudah, anda cukup larutkan satu sendok garam dalam segelas air hangat. Kemudian siapkan kapas untuk mengompres bagian mata yang terkena bintitan. Diamkan kapas yang sudah dicelupkan dalam air garam tersebut lebih kurang selama 15 menit. Ulangi langkah ini sampai bengkak dan nyeri akibat bintitan berkurang.

Cara Mencegah Terjadinya Mata Bintitan

Inti dari pencegahan mata bintitan adalah menjaga kebersihan, jagalah kebersihan area mata dan kelopak mata anda. Hindarilah mengucek mata berlebihan, apalagi dengan keadaan tangan kotor. Cuci bersihlah tangan anda apabila ingin menyentuh bagian mata.
Jika Kelopak Mata mulai menunjukkan gejala bintitan, janganlah memencet bagian hordeolum. karena akan akan memperparah kondisi yang ada. Lakukan langkah-langkah alami diatas untuk menghindari infeksi berlebihan.

Itulah beberapa Cara Alami Untuk Mengobati Mata Bintitan Serta Pencegahan Mata Bintitan. semoga artikel ini bermanfaat untuk para membaca. 



Cara Cepat Membentuk Otot Badan Atas

Secangkir Tips - Setiap manusia pastinya ingin mempunyai bentuk tubuh yang Indah, baik pria dan wanita. Untuk pria mungkin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel