-->

Cara Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak Secara Alami

Cara Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak Secara Alami

Radang Tenggorokan Adalah rasa nyeri pada tenggorokan yang diakibatkan oleh virus atau bakteri. Biasanya rasa nyeri tersebut akan sangat terasa pada saat proses menelan saat makan ataupun minum.
Ada beberapa dua macam jenis radang tenggorokan, yaitu radang tenggorokan biasa yang biasanya akan pulih sendiri dalam beberapa hari. Dan radang tenggorokan akibat infeksi bakteri, radang tenggorokan jenis biasanya harus dibantu dengan bantuan obat-obatan untuk menyembuhkannya.


Dalam beberapa kasus, radang tenggorokan dapat menjadi tanda-tanda terserangnya penyakit serius, yaitu :

1. Infeksi Abses Perintosil
Infeksi ini mengakibatkan tumbuhnya benjolan didekat amandel (tonsil) dan mengeluarkan nanah. Biasanya diakibatkan oleh komplikasi radang tenggorokan ataupun amandel yang tidak terobati, sehingga mengakibatkan radang yang serius. Penyakit ini sering terjadi saat pancaroba, dimana virus dan bakteri ini sangat rentan menyerang.

2. Pembengkakan Epiglotis
Epiglotis adalah katup berbentuk daun yang berfungsi untuk menutupi batang tenggorokan (trankea) agar tidak dimasukin makanan atau minuman pada saat proses menelan. Katup tersebut terletak dibelakang pangkal lidah.

3. Infeksi Manonukleosis
Manonukleosis adalah penyakit infeksi yang diakibatkan oleh virus Epstein Barr Virus (EBV) atau sering disebut juga dengan virus berciuman. Biasanya penderita virus ini akan mengalami demam, radang tenggorkan, dan radang pada kelenjar getah bening.Virus ini dapat menular melalui proses berciuman, bersin, dan bertukar peralatan minuman atau makanan dengan seseorang yang terinfeksi. 


Gejala Terkena Radang Tenggorokan Pada Anak

Sebelum anak terkena radang tenggorokan biasanya akan disertai dengan beberapa tanda-tanda, dan gejala bisa berbeda-beda menurut penyebabnya ;

1. Radang Tenggorokan Disebabkan Oleh Demam

Biasanya anak yang mengalami radang tenggorokan yang diakibatkan oleh demam adalah : bersin-bersin, batuk (bisa batuk kering ataupun berdahak), sakit kepala ringan, dan demam yang mencapai 38 derjat celsius.

2. Radang Tenggorokan Disebabkan Oleh Flu

Radang tenggorokan yang diakibatkan oleh flu biasanya akan menimbulkan keluhan seperti : badan terasa lelah dan pegal-pegal, suhu tubuh naik turun, dan demam bisa mencapai diatas 38 derjat celsius.

3. Radang Tenggorokan Disebabkan Oleh Manonukleosis

Jika radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi virus Manonukleosis biasa akan menimbulkan keluhan seperti : Pembenggakan kelenjar getah bening pada leher dan ketiak, amandel membengkak, mengalami sakit kepala berat, selera makan menurun, pembengkakan pada limpa, dan peradangan pada hati.


Pencegahan Agar Anak Tidak Terkena Radang Tenggorokan

Agar keluarga tercinta anda dapat terhindar dari radang tenggorokan, maka lakukanlah beberapa cara berikut:

1. Biasakanlah hidup bersih
2. Bersihkanlah selalu barang-barang yang sering digunakan bersama
3. Biasakan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan minum
4. Apabila bepergian, selalu sediakan antiseptik untuk berjaga-jaga jika jauh dari jangkauan air bersih
5. Hindarilah keluarga anda dari asap rokok
6. Hindarilah sumber alergi yang dapat memicu timbulnya infeksi virus, seperti debu dan lainnya.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak Secara Alami

Jika Anak Anda terserang radang tenggorokan, lakukanlah beberapa cara alami berikut untuk mengobatinya :

1. Berikan Anak Anda Madu
Madu merupakan obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan madu yang kaya akan vitamin dapat mempercepat penyembuhan luka pada tenggorokan. Caranya anda mencampurkan secangkir teh hangat dengan satu sendok madu murni. Minumlah minimal 2 kali sehari agar radang tenggorokan cepat sembuh. 

2. Berkumur Dengan Air Garam
Air Garam adalah antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Berikanlah anak anda secangkir air hangat dengan campuran satu sendok garam, lalu suruhlah untuk berkumur. Lakukan hal ini 2 kali sehari agar rasa nyeri berkurang serta lendir yang mengganggu pada tenggorokan dapat dibersihkan.

3. Perbanyaklah Minum Air Putih Hangat
Berikanlah Anak Anda air putih hangat sesering mungkin, karena air putih hangat sangat baik untuk menjaga selaput lendir pada tenggorokan tetap lembab dan dapat membersihkan lendir-lendir yang mengganggu pada tenggorokan, serta tubuh dapat terdehidrasi dengan baik.

Itulah beberapa Cara Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak Secara Alami. Jika dengan pengobatan alami radang belum juga berkurang, sebaiknya bawalah anak anda kedokter untuk pengobatan lebih lanjut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan yang bermanfaat bagi para pembaca.

Cara Cepat Membentuk Otot Badan Atas

Secangkir Tips - Setiap manusia pastinya ingin mempunyai bentuk tubuh yang Indah, baik pria dan wanita. Untuk pria mungkin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel