-->

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

cara mencegah dan mengatsi bau mulut tidak sedap, secangkirtips

Halo sahabat secangkir tips Apa kabar semuanya? semoga sehat-sehat saja ya .kali ini admin akan mencoba membagikan tips bagaimana caranya menghilangkan bau mulut yang tidak sedap saat berpuasa. Setiap orang tentunya ingin menghindari bau mulut yang tidak sedap selain membuat tidak percaya diri bau mulut juga akan membuat lawan bicara kita tidak nyaman sehingga apapun pesan yang kalian sampaikan tidak akan sampai kepada lawan bicara.

Oleh karena itu kita harus mengatasi bau mulut itu agar kalian tambah percaya diri dan lawan bicara kalian pun nyaman sehingga kualitas komunikasi lebih efektif.

Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap


Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan masalah kesehatan mulut sehingga menyebabkan bau mulut :

1. Sinusitis

Tanpa disadari sebenarnya penderita sinusitis dapat beresiko besar menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, dikarenakan rongga sinus yang mengarah ke tenggorokan menghasilkan lendir kental dan berbau. Penderita sinusitis pada umumnya tidak bisa mencium dengan baik pada saat terserang sinusitis tersebut. Sehingga mereka tidak sadar bahwa bau mulut mereka dalam keadaan tidak sedap. Penyebab utama sinusitis biasanya adalah virus flu yang menyebabkan infeksi, selain infeksi virus flu penyebab lainnya adalah bakteri jamur, infeksi pada gigi atau aktivitas merokok yang rutin.


2. Xerostomia

Xerostomia adalah gejala berupa mulut kering akibat produksi kelenjar ludah yang berkurang. Biasanya jika anda sedang sakit lebih besar kemungkinan terserang xerostomia, namun ada beberapa penyebab lainnya seperti dehidrasi, mengkonsumsi obat-obatan, dan pilek. Saat pilek seseorang dipaksa untuk bernafas melalui mulut sehingga air liur mengering dan menjadi xerostomia. Keringnya mulut karena produksi air liur berkurang tentunya akan membuat bau mulut yang tidak sedap. fungsi air liur dalam mulut yaitu berperan sebagai pembunuh bakteri sehingga tidak dapat mencegah bau mulut tidak sedap, jika produksi air liur berkurang maka kuman penyebab bau mulut akan cepat berkembang.

3. gangguan saluran pencernaan

Gangguan saluran pencernaan merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah maag dan asam lambung. di saat terkena penyakit asam lambung biasanya lingkaran otot bawah esofagus sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal inilah  yang menyebabkan asam lambung keluar dari lambung dan naik kembali ke vagus bahkan sampai ke mulut. asam inilah yang memicu terjadinya bau mulut tidak sedap. Asam lambung adalah suatu penyakit yang sering terjadi dalam kalangan masyarakat Indonesia. dikarenakan gemar nya makan makanan pedas dan berlemak. Oleh karena itu Anda sebaiknya mengurangi makanan tersebut agar lambung anda tetap sehat dan terhindar dari asam lambung. Baca jugaCara Alami Untuk Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok Aktif


Cara Mencegah Terserang Bau Mulut Tidak Sedap

1. Rajin Menyikat Gigi 

Menyikat gigi wajib dilakukan dua kali dalam sehari. gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride. karena fluoride dapat mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula. menyikat gigi baik dilakukan 15 sampai 20 menit setelah makan. menyikat gigi setelah makan sangat baik dilakukan dikarenakan setelah makan banyak makanan yang menempel pada sela-sela gigi anda maka dari itu gosoklah gigi anda dengan pasta gigi dan jangan lupa juga menyikat lidah anda, karena biasanya di bagian lidah juga menempel lemak yang dapat memicu bau mulut tidak sedap.

2. Mengganti Sikat Gigi Secara Rutin

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mulut, sebaiknya gantilah sikat gigi anda dalam kurun waktu 2 sampai dengan 3 bulan sekali. Selain itu membiasakan diri untuk mengganti sikat gigi setelah mengalami infeksi seperti flu, pilek, dan sariawan juga diperlukan karena bakteri yang ada ketika kita sakit dapat bertahan lama pada sikat gigi. Perlu diingat menggunakan sikat gigi selama lebih dari 3 bulan dapat meningkatkan risiko masalah gigi dan bau mulut yang dikenal sebagai halitosis. halitosis adalah bau nafas yang tidak sedap hasil dari fermentasi anaerobik partikel makanan oleh bakteri gram negatif di dalam mulut yang menghasilkan senyawa belerang atsiri seperti hidrogen sulfida dan merkaptan metil.

2. Konsumsilah Makanan Sehat

kebiasaan makan makanan yang sehat dan alami dapat mengurangi resiko terserang bau mulut tidak sedap. Makanlah buah-buahan dan sayur yang tidak mengandung zat kimia berbahaya yang berbau tidak enak jika membusuk.

3. Berhentilah Merokok

Sudah bukan suatu hal yang asing lagi bahwasanya perokok mempunyai resiko besar terserang penyakit bau mulut tidak sedap. Merokok dapat membuat mulut kering sehingga memicu penyakit pada gigi dan gusi. Kika anda seorang perokok maka mulai sekarang Berhentilah merokok apabila anda tidak ingin mulut Anda terus mengeluarkan bau tidak sedap.

Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Terkadang meskipun anda telah berusaha dengan keras menjaga kesehatan mulut, tetap saja bau mulut kerap muncul sehingga mengganggu percaya diri Anda. namun anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi bau mulut yang bisa anda lakukan.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Jika penyakit bau mulut anda muncul hal pertama yang dapat anda lakukan adalah perbanyak minum air putih. karena air putih dapat menjaga kelembaban mulut tetap terjaga dan dapat membilas bakteri-bakteri yang mungkin ada di dalam mulut. setelah makan biasakanlah untuk meminum air putih jangan air manis seperti teh dan lainnya. berkumurlah agar sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi anda bersih.

2. Berkumur Dengan Menggunakan Mouthwash

Mouthwash atau cairan pencuci mulut didedikasikan untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap secara cepat. Berkumur menggunakan mouthwash atau obat kumur setelah menyikat gigi dipercaya dapat menghilangkan bau mulut dan memberi sensasi segar di mulut. Mouthwash pada umumnya merupakan cairan obat atau antiseptik yang digunakan untuk membersihkan area rongga mulut seperti sela-sela gigi, gusi, permukaan lidah, dan mulut bagian belakang atau kerongkongan.

3. Berkumur Menggunakan Minyak Kelapa

Selain untuk masak minyak kelapa ternyata juga berguna untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada mulut. Cara menggunakannya cukup sediakan satu sendok makan minyak kelapa, lalu berkumurlah selama 5 sampai dengan 10 menit. Selanjutnya gunakanlah air hangat untuk membilas sisa-sisa minyak yang tertinggal di mulut.

4. Berkumur Dengan Air Perasan Jahe

Jahe dipercaya dapat mengusir bau bau tidak sedap serta infeksi dari rongga mulut. Caranya kamu cukup memarut jahe kemudian campur parutan jahe dan air hangat. lalu gunakanlah untuk berkumur setelah makan.

5. Mimun Air Campuran Pesaran Jeruk Nipis 

Minumlah air dengan perasan jeruk nipis. Selain menjadi alternatif yang lezat dan sehat untuk soda, perasan jeruk juga memiliki efek kuat untuk menghilangkan bau mulut dan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Caranya cukup Peras jeruk 1 buah nipis ke dalam air. Campurkan Perasan jeruk nipis tersebut kedalam teh agar lebih enak diminum.

Baiklah sahabat secangkir tips itulah beberapa cara mencegah dan mengatasi bau mulut yang tidak sedap. lakukanlah poin-poin di atas agar kesehatan mulut kalian tetap terjaga sehingga kalian terus percaya diri. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa"

Posting Komentar

Cara Cepat Membentuk Otot Badan Atas

Secangkir Tips - Setiap manusia pastinya ingin mempunyai bentuk tubuh yang Indah, baik pria dan wanita. Untuk pria mungkin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel